Meskipun Booming 5 Tren Makanan Dan Minuman Di Tiktok Ini Berbahaya

  • Whatsapp

Meskipun Booming  5 Tren Makanan Dan Minuman Di Tiktok Ini BerbahayaFoto: Verve Times

Jakarta

Tren makanan datang silih berganti di TikTok. Dari banyaknya tren kuliner viral, ada beberepa tren kuliner yang justru mengancam kesehatan banyak orang.

Munculnya tren kuliner terbaru, kadang menghasilkan orang ingin tau ingin menggandakan atau mencobanya di rumah. Ditambah pada biasanya tren kuliner yang tersebar di TikTok, menggunakan materi dan cara yang mudah ditiru.

Namun sayangnya, ada beberapa tren kuliner modern yang justru mempunyai potensi membahayakan kesehatan orang yang mengonsumsimnya. Seperti tren mengolah makanan daging ayam dengan sirup obat batuk, yang diandalkan sanggup tangkal penyakit.

Kemudian ada juga tren mencuci daging ayam mentah yang tidak disarankan, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari Eat This Not That (22/03), berikut 5 tren kuliner modern di TikTok yang berbahaya.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Video TikTok Resep Makanan Supaya Kaprikornus Viral” selengkapnya

1. Dry Scooping

'Dry Scooping', Tren Makan Protein Bubuk yang Berbahaya di TikTok‘Dry Scooping’, Tren Makan Protein Bubuk yang Berbahaya di TikTok Foto: TikTok/Fox

Bubuk protein atau protein shake biasanya digunakan banyak binaragawan, atlet hingga orang-orang yang tengah membentuk tubuh mereka sebelum berolahraga. Minuman yang satu ini melakukan pekerjaan untuk membangun otot, memperbaiki jaringan serta menurunkan berat badan.

Beberapa waktu yang kemudian timbul tren gila modern yang cukup berbahaya bagi kesehatan di TikTok. Namanya ‘Dry Scooping’, tren ini mengajak orang-orang untuk mengkonsumsi debu protein atau protein shake tanpa diseduh.

Mereka eksklusif mengkonsumsi debu itu dan menelannya, tanpa komplemen air atau cairan lainnya. Meski terlihat biasa saja, namun ternyata banyak imbas samping yang datang dari makan debu protein tanpa air. Bahkan salah satu pengguna TikTok yang mengikuti tren ini mengaku bahwa ia terkena serangan jantung, sehabis mengkonsumsi debu protein tersebut.

Efek samping yang berbahaya ini dikonfirmasi oleh para dokter. Jika debu protein ini disantap dalam kadar kafein yang tinggi di tubuh, serangan jantung hingga stroke sanggup saja terjadi.

2. #WhatIEatInADay

Young Woman Eating Unhealthy Food. Sweetness Indulging and Fattening Concept. Girl Biting Chocolate Cake, High-calorie Sweet Food, Increased Glucose Diabetes. Sweet food addiction.Makan Foto: Getty Images/PixelsEffect

Tren ‘#WhatIEatInADay’ bergotong-royong bukan tren diet, melainkan tren orang-orang membagikan apa saja yang mereka makan dari pagi hingga malam hari melalui video di TikTok. Namun sayangnya, pada biasanya orang-orang yang mengunggah video ini, cuma mengunggah makanan-makanan dengan kalori yang kecil.

Banyak juga yang menghasilkan konten video ‘WhatIEatInADay’ model diet. Di mana orang-orang, utamanya pengguna TikTok wanita, cuma mengkonsumsi berbagai macam kuliner tertentu dengan kalori serendah mungkin.

Bahkan ada satu video di mana orang-orang cuma minum kopi, lima butir kacang, air lemon dan kuliner hirau taacuh lainnya. Tentu saja hal ini cukup membahayakan terlebih apabila ditiru banyak orang tanpa berkonsultasi ke dokter atau piawai gizi terlebih dahulu.

3. Cuci Daging Ayam Mentah

Raw chicken breasts and spices on wooden cutting board, close up viewRaw chicken breasts and spices on wooden cutting board, close up view Foto: Getty Images/iStockphoto/voltan1

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya, bolehkah mencuci ayam terlebih dulu sebelum memasaknya? Ahli kesehatan dan keselamatan pangan menyarankan agar tidak menjalankan hal tersebut lantaran diklaim sanggup memajukan penyebaran basil dan risiko kontaminasi silang.

Namun sayangnya di TikTok banyak video bimbingan memasak, yang memamerkan daging ayam mentah yang tengah dicuci. Meski tujuan membersihkan ayam agar terbebas dari bakteri, justru yang timbul malah sebaliknya.

Ini disebabkan menempelnya bagian-bagian basil dan patogen yang dibawa daging ayam. Bakteri ini sanggup melekat di area cucian piring, cipratan air cucian ayam sanggup hingga ke meja dapur, hingga mengkontaminasi kuliner lainnya.

4. Sleepy Chicken

Orang India Percaya Rebus Ayam dengan Sirup Obat Batuk Bisa Tangkal PenyakitOrang India Percaya Rebus Ayam dengan Sirup Obat Batuk Bisa Tangkal Penyakit Foto: Verve Times

Masuk ke dalam jajaran tren kuliner berbahaya yang paling anyar di TikTok. Di permulaan bulan ini pengguna TikTok dihidangkan dengan konten ‘Sleepy Chicken’. Resep yang satu ini menyarankan orang untuk merebus daging ayam, dengan sirup obat batuk selama 30 menit .

Setelah daging ayam matang, kemudian air rebusan dari adonan alkohol, kaldu dan sirup obat batuk ini kemudian diminum sepertik sirup. Ramuan ini lah yang diandalkan bahwa sanggup menyembuhkan tanda-tanda menyerupai flu dan batuk. Bahkan resep ini juga dibagikan selaku ramuan untuk mempertahankan kesehatan.

Padahal hal ini sungguh berbahaya untuk kesehatan. Karena sirup obat batuk sendiri mengandung jumlah kandungan yang berbeda, dan apabila disantap dalam jumlah banyak pastinya mempunyai potensi sanggup membahayakan liver hingga kematian.

5. Kopi Lemon

Coffee cup and beans on old kitchen table. Top view with copy space for your text. coffee bag and with sliced Kopi lemon. Foto: iStock

Banyak dari seleb TikTok yang menyertakan air lemon ke dalam secangkir kopi mereka. Mereka mengklaim bahwa adonan itu sanggup menurunkan berat tubuh dengan cara mengkremasi kalori.

Faktanya tidak demikian. Menurut piawai nutrisi dan fisiologi Mayur Ranchodas dari Sheffield Hallam University, kopi dan lemon tak punya keterkaitan dengan penurunan berat badan.

Padahal kandungan kafein pada kopi memang sanggup memajukan metabolisme, namun efeknya tidak signifikan.

Baca Juga: TikTok Akhirnya Larang Konten Video Diet dan Puasa Makan Berlebihan” selengkapnya

Kisah Driver Ojol Antar Makanan Saat Anaknya Meninggal Disebut Modus Belaka

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.