5 Perdebatan Netizen Malaysia Dan Indonesia Yang Dipicu Gegara Makanan

  • Whatsapp

5 Perdebatan Netizen Malaysia Dan Indonesia Yang Dipicu Gegara MakananFoto: Instagram/iStock

Jakarta

Topik makanan jadi warta yang sensitif bagi netizen Malaysia dan Indonesia, yang senantiasa berdebat sebab masalah ini. Berikut ini beberapa buktinya.

Bertetangga dan serumpun, banyak kemiripan yang sanggup didapatkan di Malaysia dan Indonesia. Mulai dari sisi budaya hingga kulinernya. Karena nyaris mirip, banyak netizen di kedua negara ini yang berdebat memperebutkan asal-usul kuliner tersebut.

Yang paling terkenal dan trend yaitu rebutan asal seruan rendang yang sempat diklaim Malaysia berasal dari negara mereka. Walau nyatanya rendang ialah masakan orisinil Minang dari Sumatera Barat, Indonesia.

Sampai baru-baru ini perdebatan ihwal nama cincau Bandung, hingga netizen Malaysia komplain masalah bubur. Berikut uraiannya.

Baca Juga: Peringkat Nasi Lemak di Bawah Bubur Ayam Indonesia, Netizen Malaysia Protes” selengkapnya

1. Rendang

rendangrendang Foto: shutterstock

Masuk ke dalam peringkat pertama kuliner paling yummy di dunia model CNN. Rendang menjadi kuliner primadona di Indonesia. Hidangan Minang dari daging sapi asal Sumatera Barat ini, jadi materi rebutan antara Indonesia dan Malaysia.

Selama beberapa tahun perdebatan asal-usul rendang terus berlangsung. Banyak warga Malaysia yang mengklaim bahwa rendang ialah kuliner yang berasal dari negara mereka.

Padahal rendang ialah masakan warisan orisinil dari tanah Minang. Malaysia sendiri pastinya punya santapan rendang yang meski mirip, namun tekstur dan rasanya berlawanan dari rendang Indonesia.

2. Bandung Cincau

Berawal dari akun Twitter @tasty milik BuzzFeed (03/12), yang seorang piawai mengulas konten resep membagikan ihwal menu-menu minuman sederhana ala kafe di Malaysia yang sanggup dibentuk dengan mudah di rumah.

“Sirup Bandung Cincau, asal dari Malaysia dan Singapura,” tertulis keterangan salah satu isi santapan tersebut.

Tentunya hal ini memanggil banyak sekali komentar dari netizen di Indonesia. Banyak komentar kesal dari netizen Indonesia sehabis membaca santapan Bandung Cincau yang diklaim dari Malaysia dan Singapura.

Merasa tak terima dengan tuduhan dan kritikan dari netizen Indonesia. Netizen Malaysia berbondong-bondong menyanggah tuduhan tersebut. Mereka menerangkan bahwa di Malaysia, ‘Bandung’ artinya campur bukan nama kota Indonesia.

3. Cendol

Di tahun 2018 lalu, cendol masuk ke dalam daftar 50 santapan epilog (dessert) terenak dari seluruh dunia model CNN. Tapi cendol justru diklaim berasal dari Singapura.

Kabar ini mengakibatkan banyak reaksi dari penduduk Malaysia dan Indonesia. “Hidangan pencuci verbal masbodoh ini sanggup didapatkan di seluruh Asia Tenggara, namun dengan perhiasan kacang merah, Singapura bikin cita rasa klasik yang tetap menggoda,” tulis Jen Rose Smith, penulis CNN travel.

Tak cuma diramaikan netizen Malaysia dan Singapura saja, Indonesia selaku yang empunya kuliner epilog ini turut buka suara. Netizen Indonesia mengklaim bahwa sajian pencuci verbal ini asal berasal dari negara mereka, meski terkenal di Malaysia dan Singapura.

4. Ayam Penyet

Ayam Penyet Cabe Ijo Aa Sipit Viral di Grand Indonesia. Sehari Bisa Habiskan 50 Kg Cabai Rawit Hijau dan 1.000 Potong Ayam.Ayam Penyet Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Menjamurnya pedagang ayam penyet dan kedai makanan ayam penyet di Malaysia, bikin banyak orang Malaysia berpikir bahwa santapan ayam sambal yang satu ini ialah masakan Melayu yang berasal dari negara mereka.

Padahal ayam penyet sendiri asal-usulnya berasal dari Jawa Timur, tepatnya di Surabaya. Ciri khasnya terletak pada ayam goreng yang dipenyet hingga hancur, kemudian diolesi sambal pedas. Disajikan dengan lalapan dan tahu tempe goreng.

5. Bubur Ayam Indonesia

Kali ini netizen Malaysia merasa geram, sehabis menyaksikan ranking makanan-makanan terenak model situs TasteAtlas yang menyebutkan bahwa bubur ayam dari Indonesia menempati posisi tiga besar, selaku kuliner paling yummy di Asia Tenggara.

Netizen Malaysia tidak terima, sebab nasi lemak yang berasal dari negara mereka cuma mendapat peringkat ‘OK’ atau biasa saja.

Banyak netizen Malaysia yang komplain bahwa bubur ayam dari Indonesia itu kuliner hambar, yang eksklusif ditangkis oleh netizen Indonesia.

Baca Juga: Hawker Culture’ Dinominasikan Singapura ke UNESCO, Malaysia Protes Keras” selengkapnya

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.